Rabu, 09 Februari 2011



Batuk, pilek dan flu memang merupakan manifestasi mekanisme pertahanan awal tubuh akibat paparan suatu penyakit. Gejala awal influenza biasanya ditandai dengan batuk dan pilek. Penyakit flu kemudian berlanjut disertai dengan demam, badan menggigil, kepala pusing serta disertai kekakuan pada otot. Penyebab utama batuk pilek dan flu adalah virus. Namun terjadinya batuk dan pilek bisa juga terjadi akibat seseorang alergi terhadap suatu benda tertentu.

Untuk mencegah terjangkitnya tubuh terhadap batuk, pilek dan flu bisa dilakukan dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengatur pola hidup yang sehat dan seimbang. Cara yang paling mudah adalah makan yang teratur dengan gizi seimbang, olah raga, istirahat yang cukup serta menghindari kontak dengan penderita batuk, pilek dan flu. Namun bila sudah terjangkiti penyakit batuk, pilek dan flu mau tak mau Anda harus melakukan pengobatan.

Saat ini di pasaran sudah banyak beredar obat flu, batuk dan pilek. Obat tersebut bisa dibeli bebas tanpa resep dokter. Namun yang patut Anda waspadai adalah kandungan yang terdapat dalam obat pilek, obat batuk dan obat flu tersebut. Apakah aman dikonsumsi ataukah justru menimbulkan alergi yang dapat memicu penyakit lainnya. Selain itu penting diperhatikan juga tanggal kedaluarsanya.

Actifed misalnya, merupakan obat flu yang disertai dengan batuk dan pilek. Komposisi Actifed terdiri dari pseudoephedrine hydrochloride 60 mg yang berfungsi sebagai nasal decongestant dan triprolidine hydrochloride 2.5 mg sebagai antihistamine. Obat flu yang diproduksi oleh Glaxo Smith Kline ini dipercaya efektif meredakan flu yang disertai gejala alergi. Kemasan Actifed terdiri dari tablet dan syrup dengan harga di pasaran berkisar antara Rp. 20.000 sampai Rp. 40.900 perbotol dan Rp. 149.000 perkotak isi 100 tablet.

Berbeda dengan Actifed, Ultra Flu merupakan obat flu produksi Henson Farma yang mengandung Acetaminophenum, phenylpropanolamin HCl, Chlorpheniramini Maleas. Ketiga kombinasi bahan tersebut dipercaya mampu meredakan gejala flu yang ditandai dengan demam, batuk, pilek, menggigil serta sakit kepala. Namun Ultra Flu tidak disarankan untuk pasien yang aktif bekerja atau sedang mengendarai kendaraan, karena dapat menimbulkan kantuk. Harga Ultra Flu di pasaran cukup murah, sekitar Rp. 2.000 perkemasan 4 tablet.

Bila Anda masih ragu untuk menggunakan obat flu dipasaran, anda bisa menggunakan cara alami sebagai pencegahan dan pengobatan flu. Caranya cukup dengan mencampur kecap dan jeruk nipis sehari 3 kali 1 sendok teh. Selain itu memperbanyak istirahat dan minum vitamin akan membantu memulihkan kesehatan Anda.

sumber :/pusatmedis.com/menangkal-pilek-dan-flu_557.htm

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar