Kamis, 10 Februari 2011



Ketegangan dan tekanan yang kita hadapi kadangkala menyebabkan stres yang berkepanjangan. Stres bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, karena selain menyebabkan berapa perubahan fisik, stres juga bias memicu penyakit lain. Tekanan darah tinggi, asam lambung naik serta gangguan kesehatan lain, yang tentunya akan menganggu aktivitas kita sehari-hari.

Untuk mengatasi stres, orang-orang biasanya melakukan sedikit perubahan pola hidup mereka sehari-hari. Yang terbiasa bekerja, mengobati stres dengan liburan, jalan-jalan, ataupun mengerjakan pekerjaan yang mereka sukai. Liburan memang penangkal stres yang paling manjur, tetapi anda membutuhkan pengorbanan lain untuk melakukan itu yaitu waktu.

Namun bagi anda yang susah meluangkan waktu, jangan khawatir. Banyak ahli menemukan bahwa makanan yang biasa anda makan sehari-hari juga bisa menjadi penakluk stres yang manjur. Obat-obat alami stres ini bisa berasal dari keluarga kacang-kacangan seperti kacang polong, keluarga berry, bisa juga ikan ataupun yougurt. Selain itu coklat malah sudah lama dikenal memiliki zat tertentu yang bisa meredakan stres. Zat kimia pada coklat itu bisa meningkatkan jumlah seratorin yang dikenal sebagai zat anti depresi pada tubuh sekaligus memberikan efek relaksasi bagi pikiran anda.

Selain coklat, teh hijau juga memiliki efek relaksasi. Aroma teh hijau bisa disamakan fungsinya dengan minyak atsiri ataupun essential oil yaitu sebagai aromaterapi yang bisa meredakan ketegangan. Suhu hangat teh juga bisa memberikan efek penyegaran bagi badan, apalagi diminum saat cuaca dingin. Selain bahan-bahan yang sudah disebut diatas, berbagai jenis sereal juga memiliki efek anti stres. Sarapan sereal yang teratur, seperti oatmeal misalnya bisa mengurangi produksi hormon stres yang disebut kortisol dalam tubuh. Sarapan sereal secara teratur juga bisa merangsang imunitas tubuh terhadap stres karena produksi kortisol yang rendah dan konstan.

Nah, bagi anda yang tidak mau berurusan dengan stres, sebagai pencegahan alternatif, makanan-makanan diatas bisa jadi pilihan. Makanlah salah satu jenis makanan diatas setiap hari, mempadupadankannya dengan diet anda juga baik sehingga bisa lebih meningkatkan kesehatan anda.

sumber :http://pusatmedis.com/makanan-penakluk-stres_510.htm

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar