Selasa, 15 Februari 2011

TANAMAN PENYEMBUH LUKA LUAR

Sering kali dalam kehidupan kita sehari-hari yang penuh aktifitas pernah terjadi sebuah peristiwa atau kecelakaan yang mengakibatkan Luka luar pada tubuh kita baik itu ringan ataupun berat. Nah berikut ini ada beberapa tanaman yang mungkin telah kita abaikan di sekitar halaman kita atau dekat dengan lingkungan kita. Yang sebenarnya memiliki khasiat penyembuh luka luar.




Brotowali
Biasa ditanam sebagai tumbuhan obat. Yang memiliki nama latin Tinospora rumphii Boerl, Menispermum verricosum Flem.
Tumbuhan ini merupakan menyukai tempat panas, termasuk perdu, memanjat, tinggi batang sampai 2,5 meter. Batang sebesar jari kelingking, berbintil-bintil rapat rasanya pahit. Brotowali: sebagai penghilang sakit (Analgetik)

Beberapa khasiat brotowali untuk luka :
  • Sediakan daun brotowali dan daun petai secukupnya.Setelah dicuci bersih Daun brotowali ditumbuk halus lalu direbus hingga mendidih. letakkan pada luka, diganti 2 x perhari.
  • Kudis (scabies) : 3 jari batang brotowali, belerang sebesar kemiri, dicuci dan ditumbuk halus, diremas dengan minyak kelapa seperlunya. Dipakai untuk melumas kulit yang terserang kudis. Sehari 2 x.
  • Antiseptik pada Koreng, Kudis atau Luka Bagian yang sakit dapat dibersihkan dengan air rebusan batangnya. Selain itu, daun Brotowali yang ditumbuk halus dapat ditempelkan pada luka dan diganti 2 kali sehari untuk menyembuhkannya
  • Kudis pada Anak-Anak : Dianjurkan anak-anak mandi dengan air rebusan Brotowali. Caranya ambil batang Brotowali sekitar 1 m. Rajang atau potong kecil-kecil, lalu rebus dengan 4 l air hingga mendidih. Masukkan air rebusan ke dalam ember atau baskom besar lalu tambahkan air dingin. Mandikan anak sambil merendam tubuhnya di dalam air Brotowali ini.


cocor bebek :
Tanaman yang berasal dari ini berasal dari Madagaskar berdasarkan penelitian National Center for Biotechnology Information memiliki mempunyai sifat antiradang, menghentikan perdarahan, mengurangi pembengkakan, dan mempercepat penyembuhan luka. bagian yang sering digunakan sebagai ramuan obat adalah daunnya.



Ini Tipsnya:
“Luka Daun sosor bebek secukupnya diparut atau ditumbuk. Tambahkan sedikit air dan balurkan pada bagian tubuh yang mengalami luka. Ganti setiap tiga jam sekali.”



Jeruk NIPIS
Yang kita kenal dalam masyarakat Indonesia adalah perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan. Tapi bukan itu saja,ternyata bukan Cuma untuk makanan ini berguna tapi juga untuk LUKA tergores yang bisa menimbulkan infeksi.


Ini Tipsnya:
“Ambilah sebuah jeruk nipis, kemudian belah menjadi dua. Setelah itu bakarlah dengan api hingga hangat ,tidak sampai gosong. Lalu tempelkan jeruk nipis yang masiih hangat tersebut pada luka baru. Biarkan beberapa saat. Dengan cara ini luka Anda akan segera kering sehingga tidak infeksi.”


Pegagan
Pegagan merupakan tanaman herba tahunan yang tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun Diduga memiliki kandungan glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Juga memiliki Saponin yang mampu menghambat jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid).Kebanyakan pegagan dikonsumsi segar untuk lalapan, tetapi ada yang dikeringkan untuk dijadikan teh, diambil ekstraknya untuk dibuat kapsul atau diolah menjadi krem, salep, obat jerawat, maupun body lotion.

Ini Tipsnya:
“jika anda memiliki luka luar Caranya cukup dengan menempelkan daun pegagan di tempat luka, atau caranya bisa dengan dihaluskan terlebih dahulu, baru ditempelkan. Tunggu saja, luka Anda akan cepat sembuh. “








0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar