Kamis, 10 Februari 2011

Khasiat Buah



Khasiat buah ternyata terdapat pada buah yang sering Anda konsumsi sehari-hari seperti apel, lemon dan pir. Buah yang mudah ditemui di mana-mana ini ternyata tak hanya bermanfaat sebagai pencuci mulut, namun lebih jauh lagi memiliki berbagai khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh Anda. Mari kita kupas manfaatnya masing-masing.

Apel

Buah ini kaya akan vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem pertahanan kekebalan tubuh anak. Di samping dapat mendukung program diet, serat yang dikandung oleh buah apel juga mengandung pektin, yaitu zat yang dapat menjaga kadar gula darah, serta quercetin, yaitu fitonutrisi antioksidan yang dapat meningkatkan tingkat penyerapan vitamin C oleh tubuh. Selain itu, quercetin juga memiliki kandungan antihistamin yang berguna sebagai zat anti alergi bagi tubuh.

Apel juga memiliki banyak kandungan vitamin lain seperti vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B5, B6 dan B9, serta mineral seperti kalsium, potasium, zat besi, seng serta magnesium. Buah ini juga mengandung unsur lain seperti tanin yang dapat mencegah kerusakan gigi dan gusi serta menyegarkan mulut, baron yang berguna untuk mempertahankan jumlah estrogen dalam tubuh wanita, flavoid yang dibutuhkan bagi tubuh untuk mencegah penyakit kanker serta asam tartar yang mampu menghambat pertumbuhan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dalam saluran pencernaan.

Biasanya apel segar dapat dimakan langsung dan berguna untuk mengobati gangguan pencernaan, sementara apel yang diparut bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sembelit, sedangkan apel rebus bermanfaat untuk menyembuhkan diare.

Lemon

Karena rasanya yang asam, lemon bukanlah buah yang dapat sering-sering dimakan langsung namun lebih digunakan sebagai 'bumbu' untuk menambah rasa dalam makanan atau minuman sehari-hari. Selain mengandung vitamin C dalam kadar yang cukup tinggi, lemon juga mengandung beberapa unsur lain seperti kalsium, asam sitrat, hesperidin, serta liminoids dan limonene yang merupakan zat anti kanker. Liminoids dan limonene ini dapat Anda temui pada sari dan bagian kulit lemon.

Vitamin C yang terkandung dalam lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak Anda. Lemon yang diolah menjadi jus merupakan antiseptik alami yang dapat Anda gunakan untuk meredakan gangguan tenggorokan. Selain itu, lemon juga bermanfaat untuk mengatasi masalah-masalah seperti sembelit, perut kembung, tekanan darah tinggi, masuk angin, flu dan malaria.

Lemon juga memiliki manfaat lain seperti merangsang nafsu makan, memelihara kesehatan jantung dan saraf serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Pir

Buah pir merupakan salah satu keluarga dari buah apel. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuatnya cocok sebagai makanan awal untuk bayi. Pir memiliki kandungan serat yang lebih banyak dibandingkan apel dan mempunyai kadar gula buah yang cukup tinggi. Vitamin C yang dikandungnya pun dapat befungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak Anda.

Pir juga aman bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes karena dapat menjaga level gula darah tetap stabil. Buah pir juga diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena mengandung pektin dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu, buah pir juga bebas lemak, bebas sodium serta kaya akan kromium dan vitamin K.

Untuk mengkonsumsi buah pir sebaiknya Anda tidak mengupasnya terlebih dahulu karena ternyata khasiat terbesar buah pir terdapat pada kulitnya. Di kulit buah pir inilah terdapat serat-serat juga antioksidan yang bernama quercetin, selain juga mengandung flavonoid yang merupakan zat anti peradangan. Buah pir juga memiliki folat yang terbukti mampu mencegah cacat pada saraf bayi sehingga buah ini disarankan untuk menjadi konsumsi wanita yang sedang hamil. Maka dari itu, tak salah jika wanita yang hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah pir.

sumber:http://www.melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=1003_Khasiat-dalam-Buah-buahan-Sehari-hari

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar