Kamis, 10 Februari 2011

Kerja malam butuh tidur cukup




Bagi orang-orang yang biasanya bekerja pada malam hari akan memacu system saraf mereka bekerja dengan keras. Hal ini disebabkan karena tubuh kita terbiasa beraktivitas di siang hari dan tubuh kita sangat di pengaruhi oleh tingkat sensifitas cahaya.

Sehingga dengan memilki aktifitas yang berbda dengan jadwal tidur yang berbeda pula dengan orang normal merupakan hal yang berat bagi tubuh kita untuk menerimanya.

Kebiasaan tidur kita dipengaruhi oleh hormone yang disebut dengan melatonin. Produksi melatonin yang dipengaruhi scara langsung oleh tingkat sensifitas cahaya akan membuat kita akan mengalami gangguan tidur.

Bekerja pada malam hari tidak hanya akan mengganggu kualitas tidur anda tapi juga akan mengurangi aktifitas social anda terhadap orang-orang disekitar anda, karena pada saat orang-orang mulai beraktifitas di pagi hari anda justru mulai untuk tidur.

Hal ini biasanya membuat banyak karyawan yang bekerja pada malam hari akan mengalami stress dan akan merasa mengantuk di tempat kerja atau bahkan sampai dirumah.

Tapi bagaimanapun juga kita tidak bisa menghindari keadan ini dikarenakan tuntutan jaman yg membuat kita tidak mempunyai pilihan lain selain melakukannya. Namun ada beberapa tips yang dapat digunakan jika anda terpaksa harus menjalani keadaan ini :

1. TETAP PADA JADWAL
Tetaplah menjalani kebiasaan tidur anda yg telah berubah secara konsisten,karena dengan melakukannya tubuh kita akan beradaptasi dengan siklus baru dan menyesuaikan diri dengan keadaan ini. Jika anda tetap konsisten dengan jadwal tidur anda, maka anda akan melihat bahwa anda akan memperoleh tidur yang lebih baik dan energy yang jauh lebih tinggi.

2. BERISTIRAHAT
Karena tidak ada cahaya yang cukup selama pekerjaan anda, maka tubuh anda memerlukan lebih banyak tidur di siang hari jika dibandingkan dengan orang lain. Tapi tentu saja anda juga ingin menghabiskan waktu bersama dengan keluarga dan teman-teman anda di siang hari. Jika anda memilih untuk tetap terjaga di siang hari, anda mungkin akan merasa mengantuk. Tapi anda masih bisa mendapatkan energy untuk bekerja pada malam harinya jika anda melakukan istirahat singkat sebanyak 15-20 kali. Hal ini akan membantu anda agar tetap focus pada malam harinya.

3. MELAKUKAN BEBERAPA LATIHAN SEBELUM BEKERJA
Aktifitas fisik akan membantu meningkatkan suhu tubuh anda dan akan membuat anda lebih aktif dan sadar selama bekerja. Dana agar dapat menikmati tidur yang sehat setelah bekerja anda harus melakukan hal yang terbalik, sehingga tubuh akan menurunkan suhu tubuh anda, hal ini dapat dicapai dengan mengatur ventilasi dan mendinginkan kamar anda dengan pendingin.

4. BEKERJA DENGAN CAHAYA YG TERANG
Bekerjalah denganmenggunakan cahaya yang terang, karena hal ini akan berdampak pada suhu tubuh dan level melatonin yang diproduksi. Dan akan membuat andalebih energetic dan kurang mengantuk. Jika anda merasa lebih energentik pada saat bekerja maka anda akan merasa lelah setelah selesai bekerja, sehingga anda akan dapat tidur pulas pada keesokan paginya.

5. JANGAN LANGSUNG TIDUR
Cobalah untuk tidak langsung tidur ketika anda pulang kerumah, lakukanlah beberapa aktivitas rumah sampai orang-orang rumah benar – benar pergi dan suasana rumah sudah tenang. Tiga jam pertama tidur anda merupakan tidur yang paling penting dan tidak boleh samapai terganggu dengan keadaan rumah yang ribut dan membuat anda terbangun. Selain itu dengan tidak langsung tidur pada saaat sampai dirumah anda dapat menenangkan diri sejenak setelah bekerja semalaman, sambil mendapati bahwa tubuh anda telah siap untuk mulai tertidur.

sumber :http://pusatmedis.com/kerja-malam-perlu-tidur-yang-baik_330.htm

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar