Rabu, 09 Februari 2011

tips menghilangkan bau mulut



Bau mulut memang sangat menggangu. Selain menjaga kebersihan gigi dan mulut, juga asupan makanan harus dijaga. Berikut tips untuk menghindari bau mulut dari beberapa dokter gigi :

1. Perbanyak minum air putih, khususnya dibulan puasa. Dianjurkan minum air putih saat berbuka puassa untuk menghindari terjadinya dehidrasi karena banyak cairan yang hilang saat melakukan aktivitas di siang hari.
2. Perbanyak makan buah-buahan yang banyak mengandung air seperti tomat, jeruk, semangka, apel, pepaya atau blewah dan sayuaran.
3. Hindari makanan yang mengandung MSG, lemak dan makanan pedas yang merangsang lambung.
4. Gosoklah gigi minimal dua kali sehari saat pagi dan malam hari, menyikat gigi sebaiknya tidak kurang dar 3 menit.
5. Jangan lupa untuk menggosok lidah karena lidah terdiri dari papila-papila yang dapat menajdi tempat menempelnya makanan.
6. Seringlah berkumur untuk membantu mengurangi bau mulut karena air liur agar tidak terlalu pekat dan diransang peningkatan jumlahnya.
7. Tindakan pembersihan karang gigi juga perlu dilakukan. Pembersihan karang gigi dapat membantu mengurangi bau mulut.
8. Jika ada gigi yang berlubang, segera ditambal juga perbaiki tambalan yang rusak. Mintalah ke dokter gigi anda untuk membuang sisa-sisa akar gigi yang masih tertinggal karena sisa akar juga menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali bakteri anaerob.
9. Apabila anda menggunakan gigi tiruan (palsu) jangan lupa untuk selalu membersihkannya.
10. Hindari kebiasaan merokok, karena kandungan-kandungan dalam setiap batang rokok dapat memperburuk kondisi kesehatan mulut dan berkurangnya air liur.
11. Hindari menyantap hidangan yang berppotensi menimbulkan aroma tak sedap seperti petai, jengkol, bawang merah, bawang putih, terutama saaat sarapan pagi. Juga buah-buahan yang beraroma menyengat dan menimbulkan bau mulut seperti durian dan nangka.
12. Gunakan cairan kumur antiseptik untuk membantu mengatasi bau mulut , asal tidak berlebihan . Berkumurlah dalam keadaan gigi atas dan bawah terkatup, supaya air dapat masuk ke sela-sela gigi.

sumber :

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar